المعهد الإسلاميّ المعوّنة السلافية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. شكرا على زيارتكم فى معهد الإسلامى المعوّنة. معكم السلامة والعافية

Belajar di Teknik Ilmu Komputer (TIK)

Assalamualaikum Wr. Wb.

BASIS TEKNOLOGI BELAJAR KOMPUTER DAN PERAWATANNYA.

Bersyukur kepada Alloh SWT atas segalanya, sehingga kita masih diberi kesempatan hidup dan bisa menikmati berbagai kemajuan sampai detik ini, sekalipun sebagai hanya pengguna, betapa indah dunia ini jika kita terus berusaha memahaminya.

Ucapan terima kasih pada semua Pihak Pembuat, Penyelenggara dan Pelaksana serta Pihak-Pihak lainnya yang terkait dan terbentuk dalam bukti ide dan gagasan baru serta kelayakan adanya, sehingga melahirkan keramaian serta bermacam-macam bentuk kehidupan serta cara orang menjalaninya.

Berbagai macam bidang, jenis, bentuk, warna, gaya, kapasitas, kwalitas, kwantitas dan lain-lainnya dari masing-masing pihak, menjadi gaya tarik tersendiri bagi pecintanya, motifasi gambaran pelajaran keilmiahan untuk diketahui semua dan dengan ini semoga bermanfaat bagi semua penggunanya.

Sengaja menarik masalah ini dengan harapan pembelajaran untuk keseimbangan menghadapi dan menjalani gejolak kehidupan dan terus menjalani dan membuktikan terlaksananya kebenaran.

Semaju-majunya jaman apapun, dimanapun, siapapun dan sebutan lainnya, tetun bagi Muslimin/Muslimat berkonsep:
1. من حسن الإسلام المرء تركه ما لا يعنيه
2. من أراد الدنيا فعليه بالعلم, ومن أراد الأخرة فعليه بالعلم, ومن أراد هما فعله بالعلم
3. خير الناس أنفعهم للناس
4. Dan lainnya.

Adapun ketertarikannya cara kita untuk mendalami dan menggunakan amanah Alloh SWT semua ini ajang informasi dan komunikasi (Infokom): salah satu contoh mempelajari dunia komputer, beberapa hal yang kita perhatikan:

1. Pemahaman tertentu masing-masing bagian perangkat berbentuk keras (hardware) agar bisa digunakan dengan baik disesuaikan dengan kapsitas masing-masingnya dan perangkat lunak (software).

2. Perangkaian masing-masing perangkat berbentuk benda (hardware) yang membentuk satu komputer untuk siap di instal dimasukan window dari mulai susunan arus setrum listrik ke charger dan masuk di power suplay, lalu membaginya keberbagai anggota dalam komputer umpamanya ke pengaturan on/off setrum (hidup/mati komputer), motherboard, hardisk, prosesor, layar, sound/suara, kipas angin, usb, print dan lainnya.

3. Penginstalan; Mulai dari menginstal windows, menginstal driver untuk masing-masing hardware yang telah dipasang, menginstal berbagai program yang berkaitan dengan kebutuhan berjalannya hardware atau kebutuhan baru yang ingin kita capai sehingga membentuk komputer terkontrol yang siap pakai. Contoh; All Driver In One

4. Pengecekan (kelayakan jalan komputer);
a. Memahami jalannya komputer.
b. Memahami cara menggunakan masing-masing hardware baik bagian dalam atau bagian luar.
c. Memahami masing-masing program software yang kita pasang/instal di komputer.

5. Menggunakan komputer.
a. Menyalakan komputer dengan tertib dan membiarkan keseluruhan driver serta program siap disajikan oleh windows dengan sempurna kelayakan hidup, jangan sampai komputer masih loading menunggu kesempurnaan, kita sudah klik my computer umpamanya sehingga tidak optimal dalam jalannya windows dalam penggunaan keseluruhan berjalannya.
b. Memahami cara dan bisa menggunakan masing-masing program software yang kita pasang/instal di komputer.
c. Menjaga keamanan komputer, baik dari hal perusak dari bagian luar atau perusak bagian dalam.
d. Tidak begitu saja memberikan kepada orang yang tidak mengetahui menjalankan dan memakainya, tanpa adanya pengetahuan kita (kita bimbing).
e. Meneliti dengan baik berbagai persambungan dan cepat memperbaiki jika ada bagian yang menimbulkan kerusakan.
f. Memperhatikan dengan baik jika memasukan apapun pada komputer kita, baik itu usb atau lainnya, sehingga menyimpan loading membaca sampai selesai, lalu membukanya dan berhati-hati ketika mencabut atau menarik keluar dengan menggunakan intruksi driver terkait.
g. Tertib dalam dalam mematikan komputer (jangan asal cabut/mematikan), melainkan menunggu sampai selesai berhenti.

6. Membersihkan Hardware dan Penyimpanan ketika tidak dipakai.
1). Mungkin jika komputer rumah tempat tetap tertentu, tinggal kita mengontrol dan memeriksa dari pengganggu dalam masing hardware, paling tidak membersihkan kotoran di bagian dalam CPU; baik power suply dengan pembersih sedot angin untuk membersihkan debu-debu serta kotoran lainnya, atau bagian lainnya. Begitupun jika Laptop, ini sangat harus diperhatikan colokan setrum listrik dan keyboard ketika digunakan (jika bisa ditutup pakai plastik karet khusus agar tidak masuk debu atau kotoran yang lainnya. memeriksa kotoran bagian-bagian lainnya.
2). Ketika selesai kita menggunakan perhatikan agar;
a. Menyimpan tidak pada tempat yang menimbulkan jatuh.
b. Aman dari semburan air. kemunkinan saja kita lupa sampai membiarkan gelas diatasnya, dan ada kucing loncat kena gelas, akhirnya tumpah dan mengenai bagian laptop/komputer rumah. kehati-hatian diutamakan.
c. Keterjangkauan oleh anak usia dini yang belum tahu apa-apa.
d. dan lain-lainnya.

Semoga ada manfaatnya!.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Berbagi di dunia Komputer:
1. Belajar Dunia Komputer
2. All Driver In One