المعهد الإسلاميّ المعوّنة السلافية
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. شكرا على زيارتكم فى معهد الإسلامى المعوّنة. معكم السلامة والعافية

Dasar Pemikiran

Assalamualaikum Wr. Wb.

DASAR PEMIKIRAN

Manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya. Pendidikan merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran. Untuk itu seluruh komponen bangsa wajib mencerdaskan kehidupan bangsa yang merupakan salah satu tujuan negara Indonesia.

Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah (YPIS) Al-Muawwanah adalah representasi terwujudnya cita-cita masyarakat Indonesia di daerah pedesaan yang telah berupaya dengan segenap kemampuan mendirikan Lembaga Pendidikan. Cita-cita tersebut pada hakekatnya sebagai tuntutan terhadap hak mereka sebagai warga negara untuk mendapat pendidikan yang layak. Oleh karena itu keberlangsungan pendidikan di Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah (YPIS) Al-Muawwanah seyogyanya mendapat perhatian besar semua pihak termasuk pemerintah sebagai pengemban amanah konstitusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Keberadaan Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah (YPIS) Al-Muawwanah sebagai satu-satunya Pendidikan Islam di Kampung Ciela, Desa Sirnajaya, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, belum mampu secara maksimal memberikan pelayan kepada masyarakat Indonesia di daerah sendiri dalam mewujudkan tujuan pendidikan dimaksud. Oleh karena itu diperlukan proses pembelajaran yang kondusif dengan mengikutsertakan semua komponen pendidikan (para stakeholder) secara optimal. Termasuk legal aspek Lembaga yang merupakan faktor utama keberlangsungan pendidikan harus segera diselesaikan guna mendapatkan kemudahan dalam operasionalnya.

Bertolak dari pemikiran di atas maka Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah (YPIS) Al-Muawwanah menganggap bahwa optimalisasi di berbagai bidang di Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah (YPIS) Al-Muawwanah termasuk kebijakan manajemen Yayasan Pendidikan Islam Salafiyah (YPIS) Al-Muawwanah serta keterlibatan langsung Pemerintah adalah hal yang sangat penting dan mendesak untuk dilakukan.